Senin, 26 November 2012

PEMERIKSAAN/DIAGNOSIS SISTEM KEMUDI


PEMERIKSAAN/DIAGNOSIS SISTEM KEMUDI

PEMERIKSAAN/DIAGNOSIS

Diagnosis ( trouble shooting ) sistem kemudi dilakukan secara manual. Pada saat memeriksa system kemudi, perhatikan bahwa antara system kemudi dengan roda-roda depan ada kaitannya, demikian juga dengan suspensi, poros dan rangka. Adanya hubungan tersebut disebabkan oleh system kemudi, suspensi atau yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan bahwa gangguan terdapat pada system kemudi, pertimbangkan dan periksa semua penyebab lain yang mungkin ada. Memeriksa tinggi permukaan oli pada gear box

Cara memeriksanya sebagai berikut :

1.Tempatkan kendaraan pada tempat yang rata

2.Periksa tinggi permukaan oli

3.Bersihkan bagian atas dan roda gigi kemudi

4.Kendorkan dan lepaskan sumbat pembuang

5.Masukkan obeng kecil ke dalam lubang pengisi oli dan ukur jaraknya.

6.Tambahkan oli apabila permukaan rendah, kemudian ada kebocoran atau tidak.

7.Pasang kemlai sumbat penguapan

Memeriksa lengan penghubung kemudi ( steering linkage )

Cara memeriksanya sebagai berikut :

1.Tempatkan kendaraan pada tempat yang rata

2.Periksa tinggi permukaan oli

3.Bersihkan bagian atas dari roda gigi kemudi

4.Kendorkan dan lepaskan sumbat pembuang

5.Masukkan obeng kecil ke dalam lubang pengisi oli dan ukur jaraknya

6.Tambahkan oli apabila permukaan rendah, kemudian ada kebocoran atau tidak

7.Pasang kembali sumbat penguapan.

Memeriksa tinggi permukaan oli pada gear box

Memeriksa lengan penghubung kemudi ( steering linkage )
Pemeriksaan kebebasan roda kemudi

Langkah-langkahnya :

1.Putar roda kemudi hingga pada posisi lurus

2.Putar perlahan-lahan roda kemudi jangan samapai roda berherak

3.Besarkan gerakan roda kemudi (free play)

4.Besarnya kebebasan roda kemudi bergantung pada model mobil, biasanya tidak lebih dari 30 mm

Kemudi berat

Langkah-langkahnya :

1.Periksa tekanan ban 2.Periksa steering systemnya (tinggi minyak, steering linkage, steering gear)

3.Periksa ball jaoin atau king pin

4.Periksa suspension arm

5.Periksa tinggi kendaraan

6.Periksa wheel aliggment

Memeriksa sabuk penggerak pompa pada power steering

Memeriksa sabuk penggerak pompa pada power steering, yaitu :

1.Sabuk penggerak pompa harus diperiksa dan diganti bila pecah-pecah 2.

Mengkilat / terbakar

Kerusakan lain/ tergencet

Apabila sabuk penggerak pompa berbunyi pada saat kendaraan sedang membelok, berarti sabuk dalam keadaan kendor, oleh karena itu, perlu disetel. Penyetelan dapat dilakukan menggunakan alat khusus uji ketegangan sabuk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar